Sunday, November 1, 2015

5 Hal Tentang Korea Utara yang Mungkin Kamu Tidak Tahu

Negerinya si pemimpin nyentrik Kim Jong Un ini seakan tidak pernah habis untuk diperbincangkan. Mungkin karena ke-misteriusannya itu, negara Korea Utara ini tetap menjadi topik hangat di dunia maya.
Berbagai informasi seputar negara penganut paham "Juche" ini terus saja bermunculan hingga sekarang. Namun, karena banyaknya propaganda yang digulirkan lewat media massa jadi agak sulit menentukan mana berita yang fakta atau yang hoax.
Nah, kalau selama ini ibaratnya kita hanya mendengar sedikit tentang Korea Utara, sekarang kita akan menggali lebih dalam lagi informasi menarik dari negara ini. Berikut ada segelintir ‘temuan’ menarik yang bisa meningkatkan pengetahuan kamu seputar Korea Utara. Yuk kita simak satu persatu!
1. Restoran Pyongyang di Jakarta
Indonesia adalah segelintir negara yang memiliki hubungan diplomatik yang relatif stabil dengan Korea Utara. Meski hubungan kedua negara agak sedikit kaku karena sejumlah pelanggaran HAM dan proyek senjata nuklir yang dilakukan Korea Utara, Indonesia mengijinkan restoran Pyongyang untuk dibuka di Jakarta.
Restoran yang mengambil nama ibu kota Korea Utara ini masih misterius siapa yang mengelolanya. Mengingat semua akses warganya yang dikontrol pemerintah, bisa jadi mungkin pemerintah Korea Utara yang mengutus warganya untuk membuka restoran ini di Indonesia.
Para pramusajinya rata-rata adalah perempuan Korea Utara yang ditugaskan ke Indonesia selama beberapa tahun, setelah itu mereka kembali ke negara asalnya. Untuk makanannya sebetulnya tidak berbeda jauh dengan Korea Selatan, masih mengunggulkan rasa asam dan gurihnya kimchi.
2. WNI bisa pergi ke Korea Utara
Jangan berharap pergi ke Korea Utara semudah kamu melancong ke Korea Selatan. Untuk bisa memasuki wilayah ini, kamu tidak bisa backpacker-an lalu pergi begitu aja. Sejauh penelusuran saya, ada dua WNI yang pernah pergi ke sini dan sudah membagi pengalamannya ke sebuah tulisan.
Yang pertama adalah perwakilan KBRI yang mendapat tugas ke sana yaitu pengguna forum Kaskus dengan nama ID Saoto. Yang kedua adalah perempuan Indonesia yang waktu itu sekolah di Korea Selatan dan kemudian mengikuti program tur ke Korea Utara bernama Maisya Farhati.
Lalu, bagaimana caranya kalau kita pengen banget mengunjungi Korea Utara? Menurut kaskuser Saoto caranya adalah bergabung dengan travel agent yang menawarkan perjalanan ke Korea Utara atau kalau mau datang sendiri kamu perlu mendapatkan visa dari keduataan dan tentunya cara ini sangat amat susah disetujui. Gimana? Kamu masih punya nyali untuk berwisata ke sana?
3. Pembangunan 'luar biasa' Korea Utara
Minimnya akses informasi di negara ini membuat sebagian orang berpikir negara ini adalah negara miskin dan amat tertinggal. Namun, siapa sangka Korea Utara adalah negara yang cukup getol melakukan pembangunan besar-besaran.
Beberapa bangunan yang bikin kita berdecak kagum di antaranya adalah Hotel Ryugyong yang mempunyai tinggi 330 meter dan sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia sampai akhirnya dikalahkan oleh Rose Tower dari Dubai yang selesai di bangun tahun 2009.
Kemudian ada juga Stadion Rungnado May Day Stadium yang saking besarnya sampai mampu menampung 150.000 penonton. Bandara baru, Kalma Airport juga bisa dikatakan bandara yang bertaraf internasional.
Lalu banyak gedung-gedung tinggi mirip apartemen berdiri kokoh di Pyongyang. Tetapi yang bikin sedikit aneh adalah warna bangunan-bangunan di Korea Utara memang sedikit kelabu, jarang ada bangunan yang dicat dengan warna mencolok entah apa alasannya.
4. Korea Utara punya kalender dan zona waktu baru
Entah karena amat antinya dengan dunia barat atau untuk menghormati pemimpin yang sangat dianggungkannya, Korea utara tak lagi memakai tahun seperti mayoritas negara di dunia. Mereka meninggalkan kalender Gregorian dan mulai memakai kalender Juche yang dikenalkan pada tahun 1997.
Kalender ini dibuat berdasarkan tanggal kelahiran Kim Il-Sung, si pemimpin pertama Korea Utara yaitu tanggal 15 April 1912. Jadi jika sekarang adalah tahun 2015, berarti di Korea Utara sekarang tahun 105.
Tak cuma soal itu saja yang bikin kita kaget. Agustus tahun ini, Korea Utara juga telah me-reset ulang zona waktunya menjadi 30 menit lebih awal dari Korea Selatan dan Jepang yang berada pada zona waktu utama dunia lebih 9 jam dari Greenwich atau GMT+9.
Alasannya sih, katanya karena waktu pada saat matahari berada di posisi tertinggi tidak tepat tengah hari. Wew, bener-bener diluar dugaan ya, negara ini!
5. Ganja bebas dihisap di Korea Utara
Kalau ganja di negara-negara lain dilarang, di sini merokok ganja sah-sah saja lho! Tidak ada kebijakan negara yang mengatur tanaman ini dilarang untuk dikonsumsi, malah ada yang menyebut merokok ganja adalah cara bersantai yang sehat.
Alhasil, warga bebas menghisap ganja di tempat-tempat umum seperti taman atau bar. Untuk membelinya pun konon sangat mudah, yaitu di penjual tembakau yang ada di pasar-pasar.
Tapi asal tahu saja, kalau di negara ini ada yang ketahuan mengedarkan atau mengkonsumsi obat terlarang lainnya, hukuman mati bakalan sudah siap menanti mereka

No comments:

Post a Comment