Tuesday, October 13, 2015

Dicuri di Inggris, 29 Mobil Mewah Ditemukan di Uganda





















Sebanyak 29 mobil mewah, seperti Range Rover, Audi, Bmw dan Lexus, yang dicuri di Inggris, berhasil ditemukan di Kampala, Uganda. Seluruh mobil bernilai lebih dari Rp16 miliar itu ditemukan saat polisi melacak mobil Lexus, menggunakan APU technonlogy --aplikasi smartphone khusus yang dapat melacak perjalanan Lexus.
Hasil penelusuran tersebut menungkap bahwa geng pencuri mobil sempat membawa Lexus lewat jalur darat, sebelum akhirnya melintasi Laut Mediterania, lalu melalui Terusan Suez, Oman, dan Uganda.
"Kami sempat melacaknya ke La Havre di Pracis, lalu ke Laut Mediterania, Terusan Suez, pernah juga di Oman. Mobil itu kemudian ke Mombasa lewat jalur darat sebelum akhirnya sampai di Kampala," kata Manajer Regional Badan Kejahatan Nasional Inggris, Paul Stanfield kepada dailymail.
"Di Uganda, akhirnya, turut ditemukan 28 mobil mewah lainnya di beberapa gudang. Semua kendaraan yang dicuri dilengkapi dengan keyless ignition. Para perampok berhasil menembus sistem keamanan dengan kunci khusus," lanjutnya.
Lebih lanjut Stanfield mengatakan pihaknya belum puas dengan raihan ini. Mereka masih mencari tahu keberadaan para pencuri, agar dapat menuntaskan kasus ini.
"Operasi ini melibatkan kerja sama antara pemerintah dan swasta, juga badan keamanan di Kenya dan Uganda. Penyelidikan ini berjalan sangat baik, tapi kami harus meringkus penjahatnya," katanya.
Apalagi, puluhan mobil yang didapat belumlah seberapa dari jumlah keseluruhan. Berdasarkan catatan, sejak Januari lalu, lebih dari 40.000 kendaraan di London telah dicuri, dan hingga kini masih menghilang.

No comments:

Post a Comment