Sunday, October 11, 2015

Jepang Bikin Robot Penyeterika Baju





















Tiga perusahaan di Jepang menciptakan Laundroid, sebuah mesin yang mungkin sudah dinantikan oleh banyak rumah tangga di dunia: robot penyeterika dan pelipat baju.

Seven Dreamers Laboratories, Panasonic, dan Daiwa House - salah satu pengembang properti terbesar di Jepang - memamerkan robot yang berbentuk mirip lemari itu di pameran elektronik CEATEC di Tokyo pekan ini.

Dalam sebuah demo di arena pameran terlihat sebuah baju kaus kusut dilemparkan ke dalam sebuah lubang di tengah mesin tersebut. Sekitar lima menit setelah lubang itu tertutup, tiba-tiba sebuah pintu kecil terdorong keluar dan baju tadi sudah licin dan terlipat rapi.

Kedengarannya lima menit memang cukup lama untuk melipat sebuah kaus, tetapi tiga perusahaan pencipta Laundroid mengatakan bahwa purwarupa yang dipamerkan dalam arena CEATEC masih merupakan versi awal. Mereka berencana menyempurnakan robot itu hingga tahun 2020.

Rencananya robot itu akan dipasang sebagai sistem yang integral dengan rumah. Ketika sudah rampung, robot itu tak hanya kan berfungsi sebagai mesin penyeterika, tetapi juga sebagai mesin cuci, sekaligus pengering. 

Laundroid berukuran kecil - yang hanya bisa menyeterika dan melipat baju - kabarnya akan diluncurkan pada 2016. Meski demikian, harga robot itu belum diungkap ke publik. (CNET

No comments:

Post a Comment